Ketahui 4 Makanan Penambah Tinggi Badan Untuk Remaja

Seperti yang kita tahu, masa pubertas atau usia remaja merupakan sebuah masa penting untuk pertumbuhan tubuh. Sehingga tidak heran jika banyak ahli mengatakan bahwa pada masa ini, pertumbuhan tulang akan mencapai masa puncaknya. Untuk mendukung pertumbuhan atau perkembangan tulang dengan maksimal pada masa pubertas, maka dibutuhkan banyak vitamin dan mineral.

Nah, untuk jenis vitamin atau mineral yang biasa digunakan untuk menambah tinggi badan seperti kalsium, vitamin D, vitamin C, dan masih banyak lagi. kurangnya beberapa asupan zat gizi tadi akan membuat pertumbuhan   tulang terhambat dan untuk jangka panjangnya bisa mengalami masalah pengeroposan tulang. Lalu apa saja makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh?

Makanan Peninggi Badan Untuk Para Remaja

pixabay.com

Sayuran Berdaun Hijau

Salah satu makanan yang dipercaya dapat meningkatkan tinggi badan dengan cepat adalah sayuran berdaun hijau. Seperti yang diketahui bahwa beberapa sayuran berdaun hijau mengandung zat kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Beberapa sayuran hijau yang dimaksud di sini seperti brokoli, daun kale, lettuce, dan juga collard green.

Perlu diketahui, selain mengandung kalsium yang dibutuhkan oleh tulang, sayuran hijau juga mengandung vitamin K yang memiliki peran untuk mengatur kalsium dan pembentukan tulang. Yang perlu diingat bahwa tidak semua sayuran berdaun hijau untuk pertumbuhan tulang kita. Sehingga pastikan untuk memilih sayuran yang benar-benar tepat sesuai dengan kebutuhan kita.

Kuning Telur

Sebagian besar dari kita tentu sudah tahu bahwa kuning telur merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin D. Seperti yang diketahui, Vitamin D merupakan salah satu jenis vitamin yang dapat membantu pertumbuhan tulang kita. Sehingga bagi Anda yang suka mengkonsumsi bagian luarnya saja, pastikan untuk mengubah kebiasaan tersebut. Mengapa?

Hal tersebut karena di dalam kuning telur menyediakan kurang lebih sekitar 6% vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Yuk mulai konsumsi makanan penambah tinggi badan yang satu ini.

Daging Merah

Daging khususnya daging merah ternyata mengandung fosfor dan juga magnesium yang dibutuhkan oleh tulang kita. Oleh karena kita disarankan untuk mengkonsumsi daging khususnya daging merah secara rutin. Kekurangan fosfor dalam tubuh dapat mengganggu mineralisasi tulang. Sehingga orang akan cenderung sulit untuk menambah tinggi badannya ketika kekurangan zat yang satu ini.

Nah, beberapa jenis makanan yang mengandung fosfor yakni seperti seafood, kacang-kacangan, gandum, jagung, kentang dan lain sebagainya.  Sedangkan untuk jenis makanan yang mengandung magnesium seperti tofu, gandum, kacang almond dan kacang mede.

Wortel

Satu lagi makanan yang juga dipercaya dapat menambah tinggi badan dengan mudah dan cepat adalah wortel. Seperti yang kita tahu wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung vitamin A yang tinggi. Vitamin A sendiri dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang secara normal. kekurangan vitamin A dapat meningkatkan pertumbuhan tulang yang kurang normal.

Namun perlu diingat, kelebihan vitamin A juga tidak baik karena dapat mengganggu kesehatan tulang dalam jangka panjang. Oleh karena itu sebaiknya untuk mengkonsumsi vitamin A dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Faktor Penghambat Pertumbuhan Tinggi Badan

pixabay.com

Kurang Asupan Makanan Bergizi

Agar tetap sehat tubuh membutuhkan asupan makanan yang sehat dan bergizi setiap harinya. Gizi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam pertumbuhan tulang sehingga saat kondisi masih bayi seorang ibu wajib untuk memberikan susu guna mencukupi kebutuhan gizi tubuhnya. Kurangnya vitamin dan juga mineral serta protein dapat membuat pertumbuhannya terhambat.

Malas Olahraga

Faktor penghambat lainnya yang juga dapat membuat badan sulit untuk tinggi yaitu malas berolahraga. Seperti yang diketahui, olahraga menjadi salah satu aktivitas penting yang bermanfaat untuk kesehatan dan juga pertumbuhan tubuh. Oleh karena itu, selain mencukupi asupan nutrisi dalam tubuh, seseorang juga disarankan untuk melakukan aktivitas olahraga secara rutin.

Memiliki Kebiasaan Merokok

Satu lagi faktor penghambat pertumbuhan tulang yaitu karena memiliki kebiasaan merokok. Selain memberikan banyak sekali penyakit mulai dari yang ringan hingga yang serius pada tubuh, merokok ternyata juga menyebabkan hormon pertumbuhan tidak bekerja secara maksimal.

Sehingga hal tersebut akan menghambat proses pertumbuhan tinggi badan Anda nantinya. Kegiatan yang satu ini sangat merugikan diri sendiri, bukan? Jadi pastikan untuk segera menghentikan kebiasaan buruk yang satu ini ya!

Selain mengkonsumsi beberapa makanan yang dapat menambah tinggi badan, masih ada cara lainnya yang terbukti mudah dan cepat. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi Tiens peninggi badan secara rutin dan sesuai dengan takaran. Dengan mengkonsumsi produk dari Tiens peninggi badan ini, Anda bisa mendapatkan tinggi badan ideal sesuai dengan apa yang diidamkan.

Similar Posts