Keunggulan Ukuran Kertas A3

Ukuran kertas A3 merupakan salah satu jenis ukuran pada kertas yangtelah ditetapkan oleh standar intenasional yang dalam skalaukurannya yaitu satuan mm atau milimater dan dapat dikonversikan ke satuan cm atau centimeter. Normalnya ukuran kertas tersebut dalam skala centimeter, yaitu 29,7cm x 42 cm atau bisa dibilang ukurannya 2 kali lipat lebih besar dari ukuran kertas A4. Ukuran kertas tersebut juga bukan digunakan untuk hal-hal umum dalam percetakan biasa seperti ukuran A4, namun digunakan untuk kepentingan tertentu. Di indonesiasendiri, ukuran yang disebutkan pada kertas A3 tersebuut menggunakan centimeter, namun sebenarnya dapat disebutkan juga dalam satuan milimeter dan inchi. Dalam satuan milimeter akan berukuran 297mm x420 mm. Sedangkan pada satuan inchi menjadi 11, 69 inch x 16,54 inch.

Dalam penggunaannya, kertas ukuran A3digunakan untuk membut kartu nama, buku meeting, laporan keuangan, profil suatu perusahaan, peta perusahaan, agenda, brosur, bahkan undangan. Dalam salah satu penggunaannya, yaitu digunakan untuk mencetak brosur atau selebaran, ukuran kertas tersebut sangat cocok karena pada brosur suatu usaha atau selebaran suatu produk, perusahaan terebut membutuhkan kertas atau promosi yang menarik konsumen. Dalam jenisnya sendiri, kertas A3 memiliki banyak jenis bahan yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Selain digunakan untuk cetak selebaran atau brosur, ukuran kertas A3 juga sering digunakan untuk mencetak foto dan membuatnya tahan lama.

Seperti yang sudah disebutkan, bahwa ukuran kertas A3 juga memiliki banyak bahan dasar yang digunakan. Jenis-jenis bahan tersebut antara lain art paper, linen, art karton, sticker chrome, HVS, dan kertas fancy lainnya. Pada setiap jenis bahannya juga memiliki keunggulannya tersendiri. Sebagai contoh kertas dengan bahan HVS, memiliki tekstur fisik yang halus, tipis dan putih dengan ketebalan antara 60, 70,80, dan 100 gsm. Kertas HVS tersebut juga banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan sering digunakan dalam pembuatan laporan kerja atau makalah baik di dunia pendidikan maupun perkantoran. Selain HVS, ada juga kertas dengan bahan art paper. Bahan Art paper memiliki fisikyang putih,licin, halus, dan mengkilat dengan ketebalan 120 dan 150 gsm.

Similar Posts