Sudah Tau Keunggulan dan Kelemahan Gunakan Hosting Gratis? Yuk Cek Disini

Tidak ada satupun manusia yang menolak adanya gratisan di dunia ini. Begitu juga dalam industri digital dimana para pengguna website harus berurusan dengan web hosting dan juga domain. Kini banyak ditemui penyedia hosting secara gratis di Internet. Jika memang hal tersebut sesuai dengan kebutuhan anda, maka tidak masalah untuk memanfaatkan. Namun sebelum mencoba hosting gratis, sebaiknya untuk menyimak kelebihan dan kelemahannya dalam ulasan berikut.

Table of Contents

Keunggulan dan Kelemahan Dari Hosting Secara Gratis

pexels.com

Keunggulan Dari Hosting Secara Gratis

Hosting memang dibedakan menjadi dua macam yakni hosting yang secara gratis dan juga yang berbayar. Meskipun tidak perlu mengeluarkan biaya ternyata hosting tidak berbayar juga memiliki beberapa kelebihan yang patut untuk anda lirik. Apalagi kini bisnis digital begitu berkembang pesat, jika anda teliti dan cerdik maka anda bisa memanfaatkan hal berbau gratis menjadi sebuah keuntungan. Berikut keunggulan dari hosting secara gratis.

Lebih Aman dan Bebas Gangguan

Umumnya hosting yang didapatkan secara gratis akan tidak kerap menjadi sasaran empuk hacker yang ada di dunia maya. Inilah yang membuat anda tenang karena terbebas dari gangguan. Tentu keamanan data bisa terjamin apalagi hosting secara gratis juga akan membuat anda tak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Sebab, terbilang aman sehingga tidak ada gangguan yang membutuhkan tenaga ahli. Anda hanya perlu untuk melakukan perawatan pribadi.

Bebas Biaya

Kebutuhan akan hosting bisa terbilang cukup mahal karena harus mengeluarkan biaya dalam jangka waktu tertentu. Sementara jika hosting gratis ini anda akan terbebas biaya yang membuat anda bisa menyisikan untuk kepentingan yang lain. Apalagi untuk anda yang sering lupa membayar, tentunya hosting secara gratis akan banyak membantu anda. Anda juga bisa menggunakan hosting ini sepuasnya tanpa memusingkan biaya bulanannya.

Tidak Lemot

Hosting berbayar umumnya digunakan oleh banyak perusahaan maupun usaha usaha kecil seperti bisnis online yang makin marak. Hal ini tentunya mereka membutuhkan banyak ruang agar perjalanan ke server tidak menganggu. Memang bisa diakali dengan menggunakan layanan seperti pemercepat website, hanya saja biaya yang dikeluarkan jelas lebih besar dibandingkan dengan hosting yang diperoleh secara gratis.

Sementara jika menggunakan hosting yang tidak berbayar, meskipun pengunjung website anda sedang banyak atau tidak. Masalah kecepatan tidak akan menjadi masalah. Karena hosting gratis bisa diakses kapanpun oleh siapapun namun tetap lancar. Berbeda dengan hosting berbayar yang semakin banyak yang mengakses maka semakin berat bahkan cenderung lemot, apalagi pengunjung sangat menentukan website yang kita miliki.

Performa Bisa Dibilang Lebih Baik

Pengunjung dalam sebuah website menentukan traffic, bahkan pendapatan jika website yang dimiliki adalah website bisnis. Untuk itu memiliki website yang tidak sering down yang selalu lancar untuk diakses menjadi poin yang penting. Menggunakan hosting yang tidak berbayar juga bisa menjadi salah satu cara untuk mendukung website anda. Karena hosting ini memiliki performa yang bisa di bilang stabil dibandingkan dengan hosting berbayar.

Jika menggunakan hosting yang berbayar bisa saja server mengalami down sehingga tidak bisa di akses. Hal ini memang tidak selalu terjadi, bahkan beberapa hosting berbayar menjanjikan untuk memberikan service secara Cuma Cuma. Namun jumlah pengunjung website yang akan mengunjungi website ketika down tentunya tidak bisa dikembalikan. Inilah yang membuat hosting gratis cukup banyak dilirik disamping gratisnya.

Kelemahan Dari Hosting Yang Tidak Berbayar

pexels.com

Tidak hanya memiliki keunggulan, setiap hal di dunia ini tentunya memiliki kekurangan. Begitu pula dengan hosting yang tidak berbayar, ada beberapa hal yang menjadikannya sebagai kelemahannya. Sehingga anda harus mengetahuinya agar jika hal ini terjadi anda memiliki cara jitu untuk mensiasatinya. Berikut beberapa kelemahan dari hosting secara gratis yang harus anda perhatikan sebelum menggunakan.

Memiliki Kapasitas Yang Terbatas

Meskipun terbilang mengiurkan, namun hosting secara gratis memiliki kapasitas penyimpanan yang terbatas. Sehingga anda tidak bisa menyimpan data dalam jumlah yang sangat banyak. Anda tidak bisa membuat konten yang terlalu banyak apalagi konten yang menggabungkan audio, grafis dan juga video. Padahal konten yang menarik menjadi salah satu cara untuk membuat website anda berkualitas sehingga dilirik.

Misalnya saja hosting tidak berbayar menyediakan kapasitas penyimpanan 500 MB sementara anda sudah menghabiskan semuanya. Maka anda tidak akan bisa melanjutkan untuk membuat konten baik berupa gambar atau video. Hal ini tentunya juga harus dipertimbangkan lagi karena hosting gratis kapasitasnya tidak sebanyak hosting berbayar. Hosting berbayar anda bahkan bisa memilih beberapa paket berdasarkan kapasitas.

Minimnya Suport Maupun Bantuan

Tak bisa dipungkiri jika anda kadang membutuhkan tenaga ahli yang berkaitan dengan hosting. Pada hosting yang berbayar anda bisa mendapatkan suport atau bantuan untuk mengatasi segala gangguan yang terjadi. Sementara jika anda menggunakan hosting yang gratis anda tidak bisa menggunakan layanan ini. Kalaupun tersedia bantuan umumnya membutuhkan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan hosting yang berbayar.

Terlihat Kurang Profesional

Alamat domain untuk hosting yang tidak berbayar umumnya juga terbatas bahkan tak semuanya bisa menyentuh domain internasional. Hal ini tentunya juga memberikan dampak bahwa website yang anda kelola terlihat tidak profesiona. Sehingga para pengunjung website bisa saja meragukan website yang anda kelola. Untuk itu jika website yang anda kelola merupakan website yang besar sebaiknya anda gunakan yang berbayar.

Namun jika kegiatan mengelola website hanya untuk kepentingan pribadi maka tidak ada salahnya anda menggunakan hosting gratis. Untuk itu sebelum memutuskan untuk menggunakan hosting sebaiknya anda melihat dan menimbang kebutuhan anda. Bahkan beberapa hosting yang tidak berbayar terdapat iklan pada websitenya. Dan anda tidak bisa mengelola hal tersebut karena sudah menjadi kebijakan dari penyedia hosting.

Dengan melihat kelebihan serta kekurangan dari hosting secara gratis, maka anda akan mudah untuk menentukan hosting demi kebutuhan website anda. Jika anda tertarik untuk menggunakan hosting berbayar, sebenarnya ada beberapa cara untuk mendapatkan harga yang terjangkau. Salah satunya dengan memanfaatkan promo yang ada di setiap penyedia hosting. Menariknya kini ada promohosting.id yang hadir untuk mengupdate berbagai promo penyedia hosting.

Similar Posts