Keutamaan dan Amalan di Hari Arafah

Hari Arafah menjadi salah satu keistimewaan untuk Agama Islam. Dimana pada hari tersebut semua umat Islam yang sedang melakukan ibadah haji akan berkumpul. Mereka melakukan perenungan atas berbagai kesalahan yang sudah dilakukan. Memohon ampun dan meminta keberkahan dari Allah. Arafah sendiri berarti pengenalan, pengampunan, sekaligus permintaan.  Sama seperti hari istimewa lainnya.

Dimana pada hari itu mayoritas umat Islam disunnahkan puasa. Selain itu, menghormati hari besar. Juga sebagai bentuk syukur atas berbagai rahmat yang diberikan. Biasanya, hari ini jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah atau satu hari sebelum Idul Adha. Islam sama seperti kepercayaan lain yang mengajarkan kebaikan. Bahkan sejak awal sejarahnya Islam sudah dinyatakan sebagai agama Rahmatan Lil Alamin.

Konteks yang diutamkan bukan hanya tentang bagaimana memperbaiki hubungan kepada Tuhan. Melainkan terus berusaha mempercantikan interaksi dengan sesama makhluk. Teori mengenai akhlak terpuji sangat mudah. Namun, setiap dari manusia tentu pernah merasakan sulitnya menghargai orang lain, beratnya berkata jujur, hingga realita hidup yang tak jarang jauh dari ekspektasi. Hal-hal seperti itu yang kemudian pada Hari Arafah berusaha diperbaiki.

Amalan puasa sebelum Idul Adha menjadi harapan baru untuk masa depan yang lebih baik. Pada dasarnya tugas manusia adalah terus belajar memperbaiki diri setiap hari. Tetapi karena manusia didominasi oleh ego tentu pencapaian tersebut butuh usaha keras. Seraya terus berdoa meminta perlindungan dari Allah, dan memperbanyak pengetahuan agama lewat berbagai sumber terpercaya.

Amalan Pada Hari Arafah

9 Dzulhijjah adalah hari istimewa untuk kaum muslim. Dimana pada tanggal tersebut menjadi pertanda datangnya hari pengorbanan (Idul Adha). Selain itu, berbagai riwayat menerangkan tentang keutamaan Hari Arafah. Pengajaran mengenai mengampunan dosa, dan permintaan tolong kepada Allah. Para ulama menjelaskan bahwa amalan sunnah yang bisa dilakukan untuk menyambutnya ialah dengan puasa satu hari tepat ditanggal tersebut.

Selanjutnya, sempurnakan dengan berqurban hewan jika mampu. Berbuat baik bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya. Nah, bagi Anda yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai Islam. Bisa langsung mampir ke hasana.id.

Agama Islam dan Pondasi yang Dimiliki

Agama Islam menjadi kepercayaan yang mempunyai sejarah panjang. Sama seperti agama lain yang mengajarkan kebaikan. Disini setiap orang yang beriman akan mendapat kelembutan yang berbeda. Para ulama menyatakan bahwa pondasi terkuat Islam ialah Al-Quran dan Hadist. Keduanya menjadi pengangan terkuat yang nantinya berusaha dijelaskan oleh para ulama melalui berbagai ilmu pendukung lain. Sedangkan bagi Anda yang ingin belajar lebih lanjut tentang Agama Islam wajib memilih sumber terpercaya. Jika perlu cari guru yang benar-benar jelas riwayatnya. Bagaimanapun agama yang nantinya menghubungkan Anda dengan Tuhan.