Memanfaatkan Google My Business untuk Semua Jenis Usaha Anda

Salah satu aplikasi besutan Google yang cukup membantu perkembangan bisnis Anda adalah Google My Business. Aplikasi tersebut merupakan paket aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk mempermudah orang lain menemukan bisnis Anda. Penggunaannya cukup mudah. Anda hanya harus memiliki akun Google, selanjutnya silakan akses aplikasi yang disediakan oleh perusahaan digital tersebut.

Table of Contents

Google My Business dan Manfaatnya

Layanan ini belum lama diluncurkan oleh Google. Baru tahun 2014 lalu, layanan berbasis internet ini membantu pemilik bisnis seperti Anda. Cara kerjanya adalah mengendalikan tampilan dari hasil penelusuran yang dilakukan oleh Google. Misalnya, seseorang mencari suatu perusahaan lewat search engine, maka yang ditampilkan adalah halaman Google My Business tersebut.

Ini sebabnya, mengapa layanan ini sangat membantu Anda. Pasalnya, layanan ini mampu menjadi bagian marketing di era digital seperti sekarang. Semua orang akan mudah tahu dan menemukan usaha yang tengah Anda geluti lewat Google My Business ini.

isorepublic.com

Membuat Akun Google

Cara satu-satunya untuk bisa mengakses aplikasi layanan bisnis dari Google ini adalah membuat akun Google. Akun Google sering dipahami dengan membuat email Google. Seperti juga yang ditulis dalam Nyampling, cara membuat email Google adalah dengan mengakses situs Google melalui perangkat Anda. Bisa melalui perangkat berbasis android atau berbasis windows.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Akses situs Google atau langsung ketik gmail[dot]com pada browsher perangkat yang Anda gunakan. Situs terakhir yang disebutkan itu akan membawa Anda pada halaman masuk ke akun gmail jika Anda sudah memilikinya. Namun, jika Anda belum memiliki akun Google sebelumnya, Anda bisa menklik tautan sign up atau buat akun.
  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi nama depan dan nama belakang yang akan Anda gunakan. Lalu, pada kolom di bawahnya, Anda bisa mengisi alamat email yang akan menjadi alamat email Anda.
  • Pada kolom ketiga, Anda bisa mengisi password atau kata sandi untuk pengaman akun Google yang Anda buat tersebut sebanyak dua kali. Yang pertama untuk membuat kata sandi. Sedang yang kedua untuk mengkonfirmasi kata sandi yang sudah Anda buat.
  • Langkah selanjutnya adalah mengisi form identitas beserta nomor hp. Nomor tersebut penting. Sebab, jika sewaktu-waktu Anda lupa password yang Anda gunakan, Anda bisa memanfaatkan nomor hp untuk membantu pemulihan kata sandi akun Google.

Proses akhir dari pembuatan akun Google tersebut ditandai dengan pemberitahuan bahwa Anda sudah berhasil membuat akun Google. Lantas, bagaimana proses selanjutnya? Anda bisa langsung menggunakan dan mengakses aplikasi Google My Business.

isorepublic.com

Menggunakan Aplikasi Google My Business

Sebenarnya bukan hanya Google My Business saja aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Sebaliknya, ada beragam aplikasi dan layanan berbeda dengan fungsi yang berbeda pula. Beberapa layanan yang dimaksud adalah Google Drive, email, Google Maps, Playstore, blog, termasuk Google My Business sendiri.

Semua layanan aplikasi tersebut hanya memerlukan satu akun Google untuk mengaksesnya. Dengan demikian, kuncinya hanya memiliki gmail. Cukup satu email atau satu akun saja.

Cara memanfaatkan layanan itu adalah dengan masuk ke akun Google menggunakan email Anda. Lalu, Anda bisa menklik tautan menuju halaman Google My Business. Ada beberapa fitur yang bisa Anda gunakan untuk halaman bisnis Anda. Di antaranya adalah:

isorepublic.com
  • Fitur Informasi. Fitur ini memuat alamat tempat bisnis Anda, jam operasional, kontak yang bisa dihubungi, layanan atau produk yang Anda tawarkan, juga foto-foto terkait bisnis Anda.
  • Fitur ulasan. Fitur ulasan ini bisa Anda gunakan untuk mengulas bisnis Anda. Setiap pelanggan, bisa memberi ulasan terkait bisnis yang Anda lakukan. Bisa dari sisi kepuasan pelanggan terhadap layanan Anda, atau bisa dari sisi lain terkait bisnis yang tengah Anda geluti.
  • Fitur posting. Fitur ini mirip seperti posting pada sosial media. Bedanya, ketika seseorang mencari bisnis Anda di internet, postingan ini juga akan ditampilkan dalam hasil penelusuran. Dengan begitu, akan ada lebih banyak orang yang mengetahui aktivitas bisnis Anda tersebut.

Demikian ulasan tentang Google My Business. Semoga bisa membantu.

Similar Posts