Ciri-Ciri Burung Kenari Secara Umum Berikut Karakter Dasarnya

Anda pecinta burung pastinya sudah tidak asing lagi dengan burung Kenari yang memiliki kelebihan pada fisik dan suaranya. Ya, ciri-ciri burung Kenari memang bisa dilihat dari ukuran fisiknya yang mungil, memiliki warna ataupun motif bulu yang cantik dan jantannya memiliki kicauan yang merdu. Namun jika masih kurang yakin dengan apa yang Anda lihat, berikut kami sajikan ciri umum Kenari secara lebih detil.

Table of Contents

Sejarah Popularitas Burung Kenari

Sejarah popularitas burung Kenari sendiri berawal dari penemuannya oleh pelaut Perancis, Jean de Berthan Cout. Sang pelaut bertemu dengan burung yang menarik tersebut di kepulauan Canary, benua Afrika di abad 15 silam. Burung yang memiliki nama latin Serinus Canaria ini termasuk dalam keluarga Fringillidae.

Masuknya Kenari ke Indonesia sendiri tak lain karena pada zaman kolonial, Belanda sering membawa burung Kenari tersebut. Belanda sendiri mendapatkan burung Kenari tersebut dari negara tetangganya, Inggris dan Belgia. Mereka juga mengawinkan Kenari dengan berbagai Kenari liar hingga kemudian muncul berbagai jenis Kenari lain di belahan dunia lain. Kini, Kenari memiliki banyak jenis yang masing-masing memiliki kualitasnya sendiri dan sangat digemari.

pxhere.com

Ciri Fisik

Secara fisik, ciri-ciri burung Kenari yang utama adalah ukuran tubuh yang cenderung mungil dengan panjang tubuh 11cm – 15cm. Tubuh yang tergolong kecil ini juga memiliki ciri fisik antara lain badan bagian atas memiliki warna kuning sitrun dengan aksen garis-garis yang warnanya cenderung lebih gelap. Sementara untuk tubuh bagian bawahnya memiliki warna senada namun sedikit lebih cerah.

Ciri lain yang bisa dilihat dari burung Kenari adalah bulu di bagian ekor burung Kenari yang memiliki warna cenderung hijau kekuningan. Selain itu, Kenari memiliki paruh yang warnya menyerupai warna timah. Namun demikian, beberapa jenis Kenari lokal bisa saja memiliki warna bulu yang berbeda.

Hal lain yang juga perlu diketahui adalah antara Kenari jantan dan betina tidak memiliki perbedaan pola maupun warna bulu, bentuk maupun ukuran tubuh. Inilah yang kemudian membuat Kenari digolongkan sebagai monomorfik dimana sulit untuk membedakan jenis kelamin dari segi morfologi.

pxhere.com

Kicuan

Suara burung Kenari yang bagus, nyaring, bervariasi dan mengalun panjang menjadi salah satu ciri dan kelebihannya. Durasi kicauan dalam sekali tarikan nafas Kenari bisa mencapai hingga 30 detik lebih. Inilah yang kemudian membuat burung ini sangat populer di seluruh dunia.

Tak hanya kicauan khasnya, burung Kenari bahkan juga memiliki kemampuan menirukan kicauan milik burung lain. Dengan demikian, banyak pula penangkar yang melatih burung Kenari mereka sehingga memiliki lagu kicauan yang sesuai harapan.

Makanan

Burung Kenari merupakan burung yang cenderung lebih menyukai habitat di dataran tinggi dengan ketinggian 1.500 mdpl. Namun dengan kemampuan beradaptasi yang baik, burung ini kemudian bisa dipelihara di berbagai belahan dunia lainnya, meskipun bukan di dataran tinggi. Kemampuan adaptasinya juga meliputi menu makanannya pula.

Meskipun asalnya Kenari adalah pemakan biji-bijian, ternyata ia juga doyan menu buah. Buah apel misalnya, memiliki fungsi untuk membersihkan tenggorokan agar suara yang dihasilkannya lebih nyaring namun tetap jernih. Sementara biji-bijian juga menjadi menu kesukaannya adalah campuran millet merah serta putih. Makanan lain yang juga bisa dijadika asupan Kenari antara lain telur puyuh rebus, kroto, ulat hongkong, biji niger hitam bahkan daun mengkudu muda.

pxhere.com

Karakter Burung Kenari

Apabila Anda memiliki keinginan untuk menjadikan burung Kenari sebagai ternak, maka ada beberapa karakter dasar yang perlu diketahui terlebih dahulu. Beberapa karakter mendasar ini bisa menjadi pertimbangan keputusan Anda dalam membuat penangkaran Kenari, antara lain

Kemampuan Adaptasi yang Baik

Seperti yang dijelaskan di atas, burung Kenari memiliki kemampuan adaptasi yang baik. Burung mungil ini terkenal sebagai burung yang dapat menyesuaikan diri terhadap berbagai kondisi maupun perubahan lingkungan. Jadi, Anda tidak perlu terlalu mempermasalahkan ukuran kandang maupun lingkungan kandang jika ingin memelihara kenari.

Tidak Gampang Stres

Karena memiliki kemampuan adaptasi yang baik, maka burung Kenari pun juga memiliki kelebihan positif yang bisa jadi faktir yang sangat penting dalam dunia ternak burung. Seperti yang diketahui bahwa masalah umum dari pemeliharaan burung adalah stres saat terjadi perubahan suhu maupun ancaman lain. Kenari yang mudah beradaptasi pun menjadi burung yang tidak mudah mengalami stres saat terjadi perubahan pada lokasi kandang.

Mudah Jinak

Kemampuan adaptasi dan ketahahan stres yang dimiliki oleh burung Kenari membuatnya lebih mudah untuk dijinakkan.ย  Para penangkar bahkan bisa melatihnya agar memiliki kualitas tertentu misalnya kicauan maupun tingkah unik. Tak jarang Kenari juga bisa menjalin kedekatan dengan pelatihnya.

Pembiakan yang Lebih Mudah

Banyaknya jenis burung Kenari saat ini menjadi bukti bahwa burung yang satu ini mudah dibiakkan maupun dikawin silangkan. Banyak jenis Kenari saat ini adalah hasil persilangan maupun rekayasa genetika. Kenari bisa berkembang biak dengan berbagai kondisi kandang. Ia juga relatif mudah dikondisikan agar naik birahinya cukup ndegan pengaturan pakan, penjodohan serta penjemuran.

Penyanyi yang Kompetitif

Perlu juga diketahui bahwa burung Kenari memiliki sifat yang mudah terpancing saat ada burung lain yang berkicau di sekitar kandangnya. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk melakukan mastering dan sebagainya.

Demikianlah beberapa ciri umum yag dimiliki oleh burung Kenari beserta karakter dasar yang melekat padanya. Anda bisa memanfaatkan ciri dan karakter spesifik ini agar dapat beternak dengan hasil yang sesuai dengan harapan.

Similar Posts