Ciri-Ciri Buku Non Fiksi Yang Harus Diketahui

Dalam dunia literasi, sebenarnya ada dua jenis buku. Pertama buku fiksi, sedangkan yang kedua adalah buku non fiksi. Kali ini yang akan kita bahas adalah buku non fiksi.

Apa sih buku non fiksi itu?

Buku non fiksi adalah sekumpulan kertas berisikan kejadian yang bersifat nyata dan informatif serta isinya dipertanggung jawabkan oleh penulis buku tersebut. Kenapa buku non fiksi harus dipertanggung jawabkan oleh penulisnya? Sebab data-data yang terdapat dalam buku tersebut bersifat faktual dan merupakan kejadian nyata.

 

Terkadang, kita sering terkecoh untuk membedakan antara buku fiksi dan non fiksi. Padahal kedua buku tersebut memiliki perbedaan yang sangat kentara jelasnya.

Ciri-Ciri Buku Non Fiksi

Nah! Buku non fiksi ini juga memiliki ciri-ciri lho! Di antara ciri-ciri buku non fiksi adalah:

Bersifat Faktual

Buku non fiksi adalah buku yang berisikan serangkaian kejadian yang bersifat nyata dan fakta. Jadi, isinya bukan seperti buku fiksi yang imajinatif dan bersifat menghibur.

Bahasa yang digunakan baku

Seperti halnya berita, untuk meyakinkan para pembaca, bahasa yang digunakan  dalam buku non fiksi adalah bahasa yang sesuai dengan Pedoman Ejaan Umum Bahasa Indonesia.

Bersifat Informatif

Buku non fiksi adalah buku yang bersifat informatif. Maksudnya, di dalam tulisan tersebut terkandung informasi yang berdasarkan riset data. Jadi, untuk isinya sendiri pun bukan hal yang bersifat main-main ya, Guys.

Karya Termasuk Buku Non Fiksi

Kiranya itulah beberapa ciri-ciri buku non fiksi. Di samping ciri-ciri tersebut, kita juga dapat mengetahui contoh-contoh karya non fiksi secara mudah. Di antara karya-karya yang masuk ke dalam karya non fiksi adalah sebagai berikut:

 

  1. Otobiografi, merupakan kerya yang berisikan biodata pribadi. Di mana, penulis otobiografi menuliskan biografinya sendiri.
  2. Biografi, kebalikan dari otobiografi, biografi ini berisikan data yang ditulis oleh orang lain.
  3. Skripsi, adalah karya tulis ilmiah yang berisikan pemaparan akan hasil penelitian sesuatu di jenjang pendidikan S1.
  4. Berita, merupakan serangkaian kejadian yang bersifat fakta.
  5. Surat, adalah pesan tertulis yang ditujukan kepada seseorang.
  6. Sejarah, adalah karya yang berisikan asal-asul kejadian sesuatu, dll.

 

Kiranya itulah sedikit pemaparan tentang buku non fiksi. Masih banyak lagi contoh yang bisa kamu cari melalui mesin pencari google tentang karya-karya non fiksi, dll.